Begini Cara Memindahkan Data Whatsapp ke SD Card

Cara Memindahkan Data Whatsapp ke SD Card - Ketika WhatsApp tumbuh dalam popularitas, jumlah orang yang menggunakannya meningkat pesat. Oleh karena itu, tidak dapat dipungkiri bahwa pengguna memiliki banyak file penting dalam aplikasi ini. Ini berarti bahwa WhatsApp akan memakan banyak ruang perangkat. Dan di sisi lain, pengguna juga perlu mencadangkan file penting ini atau mungkin rusak atau terhapus nantinya.

Kemudian, untuk mengatasi masalah ini, pengguna bisa mencoba memindahkan data WhatsApp ke kartu SD untuk melakukan backup sekaligus memberi ruang bagi file lainnya. Meskipun demikian, program ini tidak dapat dipindahkan ke kartu SD hanya dengan menggunakan fitur Settings pada perangkat sehingga Anda perlu menggunakan beberapa cara yang telah kami sebutkan dibawah ini:

Begini Cara Memindahkan Data Whatsapp ke SD Card

1. Gunakan ES File Explorer untuk Mentransfer Data WhatsApp

Karena Anda tidak dapat memindahkan data WhatsApp ke Kartu SD secara langsung, Anda harus meminta bantuan aplikasi pihak ketiga. Dan disini, ES File Explorer seharusnya menjadi pilihan yang baik.

Dengan aplikasi itu, Anda tidak hanya dapat mentransfer data WhatsApp dari memori internal ke kartu SD, namun juga dapat mengelola data WhatsApp Anda dalam program dengan mudah. Dan yang pasti, jenis file lainnya seperti foto, musik, dll juga didukung oleh alat ini.

Lalu, bagaimana cara memindahkan WhatsApp ke kartu SD dengan software ini? mari simak:

1. Download ES File Explorer dari Google Play dan ikuti petunjuk untuk menginstalnya.

2. Luncurkan aplikasi yang telah terinstal dan kemudian buka aplikasi yang telah anda install tadi. Kemudian Anda bisa menggulir ke bawah layar untuk mengetahui folder WhatsApp.

3. Selanjutnya, Anda perlu lama menekan folder WhatsApp untuk menandainya. Dan kemudian tekan pada More option di bagian kanan bawah yang akan mengeluarkan sebuah jendela dengan beberapa pilihan.

4. Sekarang Anda dapat memilih Move To dan klik SD Card atau Anda dapat menggunakan opsi Cut and Paste untuk mentransfer file ke kartu SD.


5. Kemudian Anda dapat menekan tombol tambahan pada kartu SD untuk membuat folder untuk data WhatsApp yang ditransfer.

6. Selesai, cukup klik OK untuk memindahkan data WhatsApp ke folder baru pada kartu SD.


2. Pindahkan Data WhatsApp ke SD Card tanpa Rooting

Berikut adalah cara lain untuk menyelesaikan perpindahan data WhatsApp dengan menggunakan Android SDK. Ini juga alat untuk membantu pengguna mentransfer data WhatsApp ke kartu SD.

Namun, program ini harus digunakan dengan komputer dan yang lebih penting, program ini tidak mengharuskan pengguna untuk menghapus data yang ada pada perangkat anda.

Langkah-langkah untuk memindahkan data WhatsApp ke kartu SD dengan Android SDK akan sedikit rumit namun Anda tetap bisa mencobanya terlebih dahulu.

1. Download dan instal Android SDK (silahkan download terlebih dahulu karena kami tidak menyediakan link download) pilih aplikasi terbaru untuk ponsel Anda dan kemudian ekstrak.

2. Instal driver Google USB untuk telepon Anda.

3. Selanjutnya, hubungkan ponsel Anda ke komputer. Di sini Anda perlu mengaktifkan USB debugging tapi tidak perlu membuka mode USB Storage.

4. Sekarang Anda bisa masuk ke lokasi di mana Anda telah mengekstrak Android SDK dan menemukan folder yang berisi file "adb.exe". Kemudian jalankan dengan mengetikkan "cmd" pada pencarian Windows dan tekan tombol Enter.

5. Setelah menghubungkan ponsel Anda ke komputer, Anda bisa menjalankan perintah "adb shell". Jika Anda menggunakan Mac atau Linux dan menerima pesan yang mengatakan "tidak dapat menemukan file", Anda dapat menjalankan perintah "./adb shell".

6. Maka anda bisa menjalankan perintah "pm set-install-location 2". Jika perintah ini tidak berhasil, Anda bisa mencoba perintah lain: "pm setInstallLocation 2". Dan kemudian exit untuk menyelesaikan prosesnya.


7. Sekarang masuk saja ke menu Settings di ponsel Anda dan klik Apps untuk mendapatkan semua aplikasi yang terinstal di telepon. Selanjutnya, cari tahu opsi WhatsApp dari daftar dan ketuk di atasnya. Kemudian pilih opsi Move to SD Card yang sudah aktif sekarang.


Demikian artikel Begini Cara Memindahkan Data Whatsapp ke SD Card, mudah-mudahan berguna bagi anda. Jangan lupa untuk share artikel menarik berikut ya,agar teman-teman anda mengetahui tentang tips ini.

0 Response to "Begini Cara Memindahkan Data Whatsapp ke SD Card"

Posting Komentar